Tuesday , 22 October 2019 6:37
Home / Piala Dunia 2018 / Asosiasi Klub Eropa Kecam Keputusan FIFA soal Piala Dunia
Foto: fifa.com

Asosiasi Klub Eropa Kecam Keputusan FIFA soal Piala Dunia

NYON – Asosiasi Klub Eropa (ECA, The European Club Association) yang membawahi 220 klub di seluruh penjuru Benua Biru, mengecam keputusan terbaru FIFA yang akan menambah jumlah peserta Piala Dunia 2026 menjadi 48 tim.

Dapat dimaklumi penambahan jumlah peserta tersebut dimaksudkan FIFA sebagai upaya menambah jumlah tim yang berasal dari kawasan Asia dan Afrika.

Karenanya, di mata ECA—penyumbang terbanyak pemain di setiap putaran final Piala Dunia—keputusan penambahan jumlah peserta tersebut, yang ditaksir akan mendatangkan keuntungan atau profit lebih dari £ 500 juta, didasarkan atas kepentingan politis ketimbang integritas olahraga itu sendiri.

“ECA menegaskan kembali prinsipnya yang tidak mendukung penambahan jumlah tim di Piala Dunia. Kami tidak melihat manfaat dari perubahan formula tersebut. Lalu, juga pantas dipertanyakan terkait pentingnya keputusan tersebut, yang tidak melibatkan pemangku kepentingan sepakbola yang pada akhirnya bakal menerima dampak dari adanya perubahan tersebut,” tegas ECA.

“Kami memahami putusan ini didasarkan atas alasan politik ketimbang olahraga dan bahkan atas tekanan politik tertentu, sesuatu yang sangat ECA sesalkan. ECA akan menganalisis secara keseluruhan dampak dari keputusan ini dan akan menjelaskan soal tersebut pada pertemuan Dewan Eksekutif yang direncanakan digelar akhir Januari ini.”

Untuk diketahui, dengan 48 tim peserta, format turnamen diubah menjadi 16 grup yang berintikan masing-masing 3 tim. Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak 32 besar. Rencananya, penentuan tuan rumah Piala Dunia 2026 akan ditetapkan pada 2020. Sejauh ini, Kanada, Meksiko, AS, dan Kolombia telah melontarkan ketertarikannya menjadi tuan rumah.

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala sangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *