Thursday , 24 October 2019 4:37
Home / Premier League / Dampak Buruk Brexit Untuk Manchester United
Foto: outside90.com

Dampak Buruk Brexit Untuk Manchester United

Keputusan Inggris Raya memilih keluar dari Uni Eropa melalui referendum pada 23 Juni lalu yang lebih dikenal dengan sebutan Brexit, ternyata memberi dampak yang cukup signifikan bagi kondisi finansial klub raksasa Liga Primer, Manchester United.

Dalam laporan resmi terkait kondisi keuangan di tiga bulan pertama sampai 30 September di musim ini, Setan Merah memberi konfirmasi membengkaknya jumlah utang sebesar 18 persen menjadi £ 338 juta atau sekitar Rp 5,4 triliun.

Hal tersebut tak lepas dari anjloknya nilai mata uang poundsterling terhadap mata uang dunia lainnya, terutama euro dan dolar. Selain utang, Woodward menyebut pendapatan klub di saat pertandingan ikut menurun sebesar 32,3 persen menjadi hanya £ 16,8 juta (Rp 268,8 miliar).

Penurunan disebabkan merosotnya jumlah laga yang diikuti MU seiring dengan kegagalannya bertanding di Liga Champions. Penurunan tersebut juga berdampak pada total pendapatan MU yang juga menurun 2,8 persen menjadi hanya sekitar £ 3,4 juta.

Dalam penjelasannya kepada para pemegang saham klub lewat conference call, Kamis (17/11), Executive Vice-Chairman MU, Ed Woodward, juga memberikan pesan tersembunyi atau peringatan kepada manajer tim Jose Mourinho.

MU berpeluang kehilangan 30 persen pendapatan tahunan dari deal dengan Adidas andaikata di akhir musim ini Wayne Rooney dkk kembali gagal menembus zona Liga Champions. Pada 2014, MU dan Adidas meneken kontrak panjang selama 10 tahun dimana setiap tahunnya klub menerima pendapatan sebesar £ 75 juta (Rp 1,2 triliun).

Dalam tiga musim terakhir, MU dua kali gagal bertanding di Liga Champions. Jika di akhir musim ini kembali gagal, maka penerimaan MU dari deal Adidas otomatis akan dipotong 30 persen atau sebesar £ 22,5 juta (Rp 360 miliar).

Baca Juga

Manchester United Siapkan Operasi Datangkan Saul Niguez

MANCHESTER – Gelandang Atletico Madrid, Saul Niguez kabarnya telah masuk kedalam daftar pemain incaran Manchester …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *