Tuesday , 19 November 2019 7:00
Home / Euro 2016 / Dendam Terbayar, Italia Singkirkan Spanyol
Foto: italianfootballdaily.com

Dendam Terbayar, Italia Singkirkan Spanyol

Dendam kesumat itu akhirnya terbayarkan. Melalui penampilan yang sangat meyakinkan, Italia menggulingkan juara bertahan Spanyol 2-0 di partai ketujuh babak 16 besar Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Stade de France, Saint-Denis, Senin (27/6) sore waktu setempat.

Hasil ini membuat Gli Azzurri membayar kontan kekalahan 0-4 di final Piala Eropa 2012. Kemenangan ini merupakan kesuksesan pertama Italia atas Spanyol sejak Piala Dunia 1994 di AS. Dengan demikian, Italia berhak meraih tiket ke perempat final dan akan menantang tim unggulan lainnya, juara dunia Jerman di Bordeaux, 2 Juli mendatang.

Menyusul ketertinggalan di babak pertama, pelatih Spanyol Vicente Del Bosque melakukan pergantian pemain di awal babak kedua dengan memasukkan striker kawakan Aritz Aduriz. Spanyol mulai keluar menyerang. Empat menit berlalu, sundulan Alvaro Morata dari jarak dekat pas jatuh dalam pelukan kiper Gianluigi Buffon.

Di tengah tekanan Spanyol, Italia sepantasnya unggul 2-0 di menit ke-55. Berawal dari umpan terobosan yang disodorkan Graziano Pelle, Eder lepas dari kawalan Sergio Ramos. Dalam posisi satu lawan satu dengan kiper David De Gea, Eder gagal mencetak gol seiring dengan sepakannya yang dapat diblok kiper MU tersebut.

Tujuh menit berselang, Italia kembali mendapat peluang. Sayang, tidak ada pemain di mulut gawang De Gea yang dapat menyambar umpan silang berbahaya yang dilontarkan bek sayap Mattia De Sciglio.

Setelah itu, dalam 25 menit terakhir, Spanyol mulai mendominasi jalannya pertandingan. Andres Iniesta berupaya keras memompa pergerakan rekan-rekannya. Di menit ke-69, sepakan Aduriz masih melenceng. Spanyol memasukkan bintang muda Madrid, Lucas Vazquez.

Dua menit berlalu, sundulan Ramos meneruskan umpan silang Cesc Fabregas masih melebar. Dan, di menit ke-76, Spanyol mendapat peluang emas. Umpan tarik Vazquez ke depan kotak penalti disambar Iniesta. Namun, bola hasil tendangan voli Iniesta dapat ditinju kiper Buffon.

Di 10 menit tersisa, Spanyol memainkan kartu trufnya yang terakhir, Pedro Rodriguez dan menarik keluar Aduriz. Namun, justru Italia yang lagi-lagi nyaris mencetak gol di menit ke-84 ketika sepakan Lorenzo Insigne dapat diblok De Gea. Satu menit menjelang waktu normal berakhir, Spanyol nyaris mampu menyamakan kedudukan. Apes, sontekan Pique menyambar bola liar dengan gemilang dapat ditepis kiper Buffon.

Dan, satu menit memasuki injury time, Italia menamatkan perlawanan La Furia Roja lewat serangan balik. Umpan Matteo Darmian membentur Ramos. Bola menuju posisi Pelle yang berdiri bebas tanpa kawalan Pique. Dengan tenang Pelle menyambar bola dan melepaskan tembakan keras ke gawang De Gea. Skor 2-0 untuk Italia. Game over.

Baca Juga

[Video] Timnas Wales Disambut Layaknya Seorang Pahlawan

Wales tersingkir di babak semifinal Piala Eropa 2016. Namun, capaian tersebut menjadikan para pemain layaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *