Tuesday , 19 November 2019 7:46
Home / Euro 2016 / Fan Zone Piala Eropa 2016: Pemeriksaan Jadi Tiga Lapis

Fan Zone Piala Eropa 2016: Pemeriksaan Jadi Tiga Lapis

Penjagaan di area fan zone di Champ de Mars, tak lagi seketat hari pertama. Saat partai pembukaan yang mempertemukan Prancis kontra Rumania (11/6), para penonton harus mengalami empat kali pemeriksaan sebelum bisa masuk area fan zone.

Pada Minggu (12/6) kemarin, penjagaan terkesan jadi sedikit longgar. Pintu masuk utama menuju area Champ de Mars bahkan dibiarkan terbuka tanpa ada penjagaan sama sekali, para penonton pun leluasa masuk.

image

Pintu utama ditarik mundur sekitar satu kilometer dari lokasi semula. Pintu masuk ini dijaga oleh puluhan gendermarie yakni tentara yang diperbantukan polisi. Mereka menutup akses jalan dengan dua mobil van berukuran ekstra. Setiap petugas juga dipersenjatai dengan senapan laras panjang.

Penonton akan digeledah seluruh tubuhnya oleh petugas, termasuk juga diperiksa kantong dan tasnya. Botol dan wadah makanan tetap tak diperkenankan untuk dibawa masuk.

euro.2016.gate_

Setelah dari sana, penonton akan diperiksa lagi saat sudah dekat dengan area, sekitar 300 meter menuju lapangan tempat layar raksasa didirikan. Kali penjaganya berpakaian sipil yang juga melakukan hal sama yakni seluruh tubuh dan memeriksa isi tas.

Usai dari pos kedua, penonton harus berjalan lagi melewatu pagar besi yang berkelak-kelok di bawah pengawasan para penjaga. Di ujung pagar besi tersebut, penonton akan diperiksa sekali lagi sebelum akhirnya bisa masuk area fan zone.

 

c155f3f0-5612-42fc-ad23-476801cd4266

Total, setiap harinya di Paris dikerahkan 13 ribu petugas keamanan dari berbagai unsur untuk mengantisipasi adanya kemungkinan serangan teroris.

Baca Juga

[Video] Timnas Wales Disambut Layaknya Seorang Pahlawan

Wales tersingkir di babak semifinal Piala Eropa 2016. Namun, capaian tersebut menjadikan para pemain layaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *