Saturday , 30 May 2020 9:40
Home / Piala Dunia 2018 / FIFA Berharap Piala Dunia 2018 Bebas Dari Rasisme Dan Diskriminatif
Foto: youtube.com

FIFA Berharap Piala Dunia 2018 Bebas Dari Rasisme Dan Diskriminatif

ZURICH – Presiden FIFA, Gianni Infantino, berharap gelaran Piala Dunia 2018 terbebas dari rasisme. Infantino juga menegaskan bahwa wasit yang akan memimpin nanti memiliki kekuatan penuh untuk menghentikan pertandingan jika terjadi insiden diskriminatif.

Peraturan ini dicontoh dari prosedur tiga langkah yang memberi kekuatan wasit untuk menghentikan, menunda, dan membatalkan terkait dengan perilaku penggemar di dalam stadion. Ini sudah diuji pada Piala Konfederasi musim panas lalu.

“Tindakan antidiskriminasi adalah prioritas tinggi bagi badan sepakbola dunia. Kami bisa mengharapkan permainan yang adil di Rusia. Kami akan memastikan tidak ada insiden yang akan terjadi,” kata Infantino dilansir BBC Sport.

FIFA telah melakukan pemantauan terhadap kemungkinan adanya aksi rasisme yang dilakukan suporter sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2018 dan laga-laga persahabatan.

Para pengamat ini dikoordinasi dan dilatih oleh jaringan Football Against Racism in Europe (Fare). Mereka kemudian melaporkan insiden yang terjadi ke Komite Disiplin FIFA untuk ditinjau dan ditindak sesuai prosedur.

FIFA sebelumnya menyebut tingkat rasisme dalam pertandingan di Liga Rusia sudah masuk kategori tidak dapat diterima. Eks pemain Zenit St Petersburg asal Brasil, Hulk, telah menyuarakan keprihatinannya atas rasisme di Rusia.

Bulan lalu Spartak Moscow mendapat sanksi dari UEFA. Mereka diperintahkan untuk memainkan pertandingan kandang tanpa penonton sebagai hukuman atas perilaku tercela para pendukungnya ketika pertandingan Liga Europa melawan Liverpool.

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala sangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *