Thursday , 17 October 2019 3:16
Home / Premier League / Impian Ronald Koeman Sebelum Pensiun
Foto: ibtimes.co.uk

Impian Ronald Koeman Sebelum Pensiun

Manajer Everton, Ronald Koeman, hingga kini masih memiliki impian yang belum terwujud. Sebelum memutuskan untuk pensiun dari dunia kepelatihan, dirinya berhasrat bisa melatih tim nasional Belanda suatu hari nanti.

Pria yang kini berusia 53 tahun itu merupakan salah satu legenda sepakbola Belanda. Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain, Koeman langsung merintis karier kepelatihan.

Dua dekade kariernya dihabiskan melatih klub-klub mulai dari Vitesse Arnhem, Ajax Amsterdam, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, AZ Alkmaar, Feyenoord, Southampton, dan kini Everton.

Karier terbaik Koeman tentu semasa dia melatih di Liga Belanda saat membawa Ajax dua kali juara liga lalu PSV sekali juara liga. Gelar-gelar sebagai pelatih tentu melengkapi pencapaian apiknya semasa jadi pemain.

Namun, selama ini dirinya hanya nyaris menjadi pelatih timanas. Salah satunya ketika KNVB malah memilih Guus Hiddink sebagai penerus Louis van Gaal selepas Piala Dunia 2014.

Setelah itu kala Hiddink mundur, lagi-lagi Koeman kalah bersaing dengan Danny Blind. Kini harapan Koeman adalah setelah kontraknya bersama Everton berakhir 2019 mendatang adalah bisa melatih De Oranje.

“Melatih timnas Belanda masih jadi salah satu ambisi saya. Tapi saya rasa semua pelatih menginginkan itu. Jika saya mendapat kesempatan melatih Belanda, saya ingin mengambil kesempatan itu,” ujar Koeman.

“Saya ingin mengambil posisi itu pada 2014 usai melatih Feyenoord dan merasa waktunya sudah tepat. Tapi mereka memilih Hiddink dan itu sudah jadi keputusan mereka. Waktu membuktikan bahwa itu bukan pilihan terbaik,” lanjutnya.

“Tapi saya sama sekali tidak kesal kepada siapapun. Saya tidak akan menolak pekerjaan itu hanya karena yang terjadi di 2014. Itu semua masa lalu.”

“Menjadi pelatih Belanda tentunya penutup yang manis bagi karier saya,” tutup Koeman.

Baca Juga

MU Tertarik Datangkan Bek Anyar Juventus

Manchester – Manchester United dikabarkan berniat mendatangkan bek Juventus, Merih Demiral, sebagai rekan duet Harry …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *