Tuesday , 19 November 2019 4:39
Home / Euro 2016 / Islandia Sukses Permalukan Inggris
Foto: foxsport.com

Islandia Sukses Permalukan Inggris

Luar biasa. Kejutan terbesar sepanjang Piala Eropa 2016. Tim yang dipandang sebelah mata dan merupakan negara terkecil di Benua Biru, Islandia membuktikan diri bukan jadi tim pelengkap dalam turnamen antarnegara paling prestisius di Eropa.

Tampil solid sepanjang pertandingan, Islandia berhasil memecundangi tim yang lebih diunggulkan Inggris 2-1 langsung di partai terakhir babak 16 besar yang berlangsung di Allianz Rivieira, Nice, Selasa (28/6/2016) dini hari WIB.

Dengan demikian, Islandia melengkapi barisan perempat finalis. Di babak delapan besar, Islandia akan menantang tim unggulan lainnya dan tuan rumah Prancis di Saint-Denis, 3 Juli mendatang.

Tertinggal di babak pertama, pelatih Inggris Roy Hodgson mengubah formasi di babak kedua dengan memasukkan Jack Wilshere menggantikan Eric Dier. Namun, lini tengah Inggris yang biasanya tampil penuh kreativitas tetap tampil monoton. Bahkan, di menit ke-55, Islandia nyaris menambah keunggulan ketika tendangan salto Ragnar Sigurdsson masih dapat diblok kiper Joe Hart.

Melihat kondisi tersebut, Hodgson memainkan striker Leicester City, Jamie Vardy. Tak lama kemudian, Inggris mendapat peluang emas. Dari umpan silang Sturridge, sepakan voli Dele Alli justru melambung di atas mistar. Inggris terus menerus berupaya menekan pertahanan Islandia. Di menit ke-68, Sigurdsson melakukan penyelamatan gemilang saat melakukan tekel bersih terhadap Vardy di kotak penalti.

Sejak itu, Inggris tampak frustasi. Wayne Rooney dkk tak mampu menahan tekanan. Kontrol bola dan passing jadi ngawur berantakan. Seiring dengan stamina yang melorot, gawang Inggris kembali nyaris jebol di menit ke-84 lewat serangan balik Islandia. Beruntung kiper Hart kembali mampu memblok sepakan kapten Gunnarsson.

Masuknya bintang muda MU Marcus Rashford di lima menit terakhir tak mampu memperpanjang nafas Inggris. Begitu peluit akhir dibunyikan wasit Damir Skomina, para pemain Islandia seakan tak percaya bisa mengirim pulang Inggris lebih cepat.

Baca Juga

[Video] Timnas Wales Disambut Layaknya Seorang Pahlawan

Wales tersingkir di babak semifinal Piala Eropa 2016. Namun, capaian tersebut menjadikan para pemain layaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *