Wednesday , 27 May 2020 13:14
Home / Piala Dunia 2018 / Italia Gagal Lolos Ke Piala Dunia, Presiden FIGC Mengundurkan Diri
Foto: sportcafe24.com

Italia Gagal Lolos Ke Piala Dunia, Presiden FIGC Mengundurkan Diri

ROMA – Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio, mengundurkan diri sepekan setelah timnas mereka gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Presiden asosiasi wasit, Marcello Nicchi, mengatakan kepada wartawan bahwa Tavecchio mengundurkan diri pada pertemuan di markas besar FIGC di Roma, Senin (20/11).

Tavecchio berada di bawah tekanan untuk mengundurkan diri setelah hasil imbang tanpa gol saat menjamu Swedia, yang berarti Italia gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1978.

Akibat hasil itu pelatih Giampiero Ventura dipecat, Rabu (16/11) silam. Pada wawancara televisi yang dilakukan pada Minggu (19/11), Tavecchio yang matanya berkaca-kaca menyalahkan Ventura untuk kegagalan di Piala Dunia.

“Kegagalan ini begitu teknis, pelatih melakukan pilihan-pilihan teknis yang keliru,” ucapnya.

Tavecchio pertama kali dipilih untuk mengisi posisi di FIGC pada Agustus 2014 menggantikan Giancarlo Abate yang mengundurkan diri sesaat setelah Italia tersingkir di putaran pertama Piala Dunia di Brazil.

Ia kembali terpilih sebagai kepala federasi pada Maret ketika dirinya mengatakan bahwa ia harus merestorasi kredibilitas Italia. Sepanjang kampanye 2014, Tavecchio sempat menimbulkan kehebohan ketika ia berkomentar mengenai pemain Afrika fiktif yang disebutnya sebagai Opti Poba (memakan pisang).

Tavecchio kemudian diskors untuk sementara dari aktivitasnya di federasi sepakbola FIFA untuk enam bulan, sedangkan asosiasi sepakbola Eropa, UEFA, menjatuhkan sanksi serupa. Bagaimanapun, FIGC menyatakan ia sama sekali tidak melakukan kesalahan.

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala sangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *