Saturday , 4 April 2020 21:02
Home / Piala Dunia 2018 / Joao Havelange, Mantan Presiden FIFA Meninggal Dunia
Foto: sportfeatures.com

Joao Havelange, Mantan Presiden FIFA Meninggal Dunia

Mantan presiden FIFA, Joao Havelange, meninggal dunia di Rumah Sakit Samaritano, Rio de Janeiro, hari Selasa (16/08). Kabar tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh pihak Rumah Sakit, namun mereka tidak memberi informasi secara rinci hingga pihak keluarga mengizinkan.

Dilansir oleh Reuters, Havelange yang juga merupakan mantan atlet renang Olimpiade dan pemain polo air Brazil ini dalam beberapa bulan terakhir sering keluar masuk Rumah Sakit karena bermasalah dengan pernapasan. Pria kelahiran Rio de Janeiro kelahiran 8 Mei 1916 itu wafat dalam usia 100 tahun.

Havelange merupakan orang pertama non-Eropa yang menjabat Presiden Badan Sepak Bola Dunia (FIFA). Dalam kiprahnya di FIFA, Havelange mengembangkan kontestan Piala Dunia dari 16 tim menjadi 32 tim. Havelange berkuasa sejak 1974-1998 sebelum digantikan Sepp Blatter.

Sampai 2013 lalu, Havelange masih tercatat sebagai Presiden Kehormatan FIFA. Saat itu, Havelange mengundurkan diri menyusul adanya proses investigasi yang menuding dirinya terlibat dalam kasus penyuapan dalam kontrak Piala Dunia dengan perusahaan ISL.

Dia juga menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) dari tahun 1963 hingga 2011, dan mengundurkan diri karena sakit paru-paru. Sebagai atlet, Havelange mewakili Brasil di cabang renang Olimpiade 1936.

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala¬†sangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *