Thursday , 21 November 2019 5:10
Home / Copa America / Kalahkan Argentina, Cile Pertahankan Gelar Juara
Foto: usatoday.com

Kalahkan Argentina, Cile Pertahankan Gelar Juara

Laga pamungkas Copa America 2016 kembali harus diselesaikan melalui adu penalti setelah dua finalis, Argentina dan Cile gagal menyarangkan gol dalam 120 menit pertandingan. Sang juara bertahan, Cile kembali tampil sebagai juara setelah menang 4-2 melalui adu penalti.

Bertanding di MetLife Stadium, East Rutherford,  Senin (27/6) pagi WIB, kedua tim tidak bisa menghasilkan gol di waktu normal. Pun demikian saat masa perpanjangan waktu dua kali 30 menit, tim Tango dan Cile juga urung menghasilkan gol kemenangan.

Tidak ingin mengulangi kesalahan pada final tahun lalu, Argentina langsung mengambil inisiatif serangan sejak pertandingan dimulai. Cile tidak diberi peluang mengembangkan pertandingan di awal laga.

Pertandingan sendiri berjalan dengan tensi tinggi serta panas yang melahirkan banyak pelanggaran keras. Gonzalo Higuain mendapatkan peluang saat laga berusia 23 menit. Tinggal berhadapan dengan kiper Claudio Bravo, Higuain berusaha men-chip bola tapi masih melayang di atas mistar.

Langkah Cile mengimbangi tim Tango makin berat usai Marcelo Diaz mendapat kartu kuning kedua yang berujung kartu merah usai mengadang laju Lionel Messi. Namun, meski bermain 10 pemain, Cile masih tenang untuk menggalang lini pertahanan.

Sebelum turun minum, giliran Argentina yang kehilangan pemainnya karena Marcos Rojo diganjar kartu merah usai menekel Vidal dari belakang. Skor 0-0 pun tidak berubah hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Argentina terus mendominasi permainan dan tak membiarkan Cile bernapas. Namun, Cile tetap berani menekan pertahanan Argentina lewat serangan balik.

Pada menit ke-80 Cile mendapat peluang pertama. Dari sisi kanan, Vargas mendapat ruang tembak meski dihalangi Javier Mascherano tapi Sergio Romero masih bisa menepisnya. Empat menit kemudian giliran Argentina membuang peluang emasny ketika Sergio Aguero mendapat bola terobosan di sisi kiri. Berdiri cukup bebas, tembakan Aguero melayang jauh.

Wasit pun harus meneruskan pertandingan ke babak perpanjangan waktu karena kedua tim belum juga menghasilkan gol. Pada babak pertama babak tambahan waktu, Argentina dan Cile masih menyuguhkan sepakbola menyerang meski kondisi fisik sudah terkuras.

Kedua tim saling silih ganti menyerang dan menciptakan peluang. Namun, hingga 120 menit laga berakhir, skor 0-0 tetap bertahan dan laga pun harus ditentukan lewat adu penalti, sama seperti tahun lalu.

Di babak adu penalti, penendang penalti dari Cile yang gagal adalah Arturo Vidal. Sementara itu di kubu Argentina Lionel Messi dan Lucas Biglia gagal melakukan tugasnya.

Baca Juga

Dua Klub La Liga Lirik Dani Alves!

Spanyol – Bek Timnas Brasil, Dani Alves,¬†menjajaki kemungkinan untuk bergabung dengan dua tim asal La …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *