Friday , 15 November 2019 4:16
Home / Piala Dunia 2018 / Kecewa Dengan DFB, Mesut Ozil Pensiun Dari Timnas Jerman
foto: independent.co.uk

Kecewa Dengan DFB, Mesut Ozil Pensiun Dari Timnas Jerman

BERLIN – Merasa kecewa dengan Federasi Sepakbola Jerman (DFB), gelandang Arsenal, Mesut Ozil memutuskan untuk menggantung sepatu dari timnas Jerman.

Bersama dengan Ilkay Gundogan dan Cenk Tosun, Mesut Ozil mendapat kritikan keras dari DFB setelah melakukan pertemuan dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di bulan Mei lalu.

Diketahui ketiga pemain tersebut memang memiliki darah Turki yang kedapatan sedang bersama Tayyip Erdogan. Mereka berfoto bersama yang kemudian menjadi viral dan menjadi pembicaraan hangat di Jerman.

Ilkay Gundogan, Mesut Ozil, Tayyip Erdogan (Presiden Turki), Cenk Tosun.

Sebelumnya di London Ozil menjabarkan bila pertemuan tersebut sama sekali tak memiliki unsur-unsur politik. Namun beberapa orang di DFB menilai bahwa pertemuan tersebut mengganggu performanya selama Piala Dunia 2018. Seperti diketahui Jerman tersingkir secara menyedihkan di fase grup setelah dikalahkan Korea Selatan.

Ozil merasa terganggu dengan bagaimana DFB bertindak. Gelandang berusia 29 tahun itu kemudian mengumumkan bahwa kiprahnya telah berakhir untuk Die Mannschaft.

Melalui akun Twitter pribadinya, Ozil menjelaskan soal pertemuan dengan Erdogan tersebut.

“Dengan berat hati dan banyak pertimbangan atas kejadian yang terjadi belakangan ini, saya tak akan lagi bermain untuk Jerman di level internasional selagi saya merasakan rasisme dan sikap tidak hormat,” tulis Ozil pada akun Twitter pribadinya.

“Saya telah mengenakan kostum Jerman dengan penuh rasa bangga dan kegembiraan, tapi sekarang tidak lagi. Keputusan ini sangat sulit untuk dibuat karena saya selalu memberikan segalanya bagi rekan-rekan, staf pelatih dan orang-orang baik di Jerman.”

“Namun ketika para petinggi DFB memperlakukan saya seperti ini, dengan tidak menghormati garis keturunan Turki saya dan secara egois menyebut saya melakukan propaganda politik, maka saya rasa sudah cukup.”

“Itu bukan alasan saya bermain sepakbola, dan saya tidak akan diam saja tanpa melakukan apapun. Rasisme seharusnya tidak akan pernah bisa diterima.”

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala sangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *