Saturday , 19 October 2019 16:40
Home / Piala Dunia 2018 / Klub-Klub Liga China Menuju Kebangkrutan?
Foto: scmp.com

Klub-Klub Liga China Menuju Kebangkrutan?

BEIJING – Kabar mengejutkan datang dari sepakbola China. Sebanyak 13 klub yang berkiprah di kompetisi level tertinggi Negeri Tirai Bambu tersebut Liga Super China (CSL), dan lima klub lainnya yang bertanding di League One dan League Two terancam didepak.

Ancaman ini menyusul munculnya kabar ke-18 klub itu tidak mampu melakukan pembayaran gaji para pemainnya dengan tepat dan benar. Ke-18 klub dituntut menyelesaikan pembayaran sampai 15 Agustus mendatang.

Klub-klub yang terancam didepak dari kompetisi ini tercantum dalam korespendensi antara Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) dan Konfederasi Sepakbola China (CFA).

Dari ke-13 klub elite, muncul sejumlah nama yang selama ini telah menghebohkan jagat persepakbolaan  Asia dan dunia menyusul keberanian mereka dalam membayar sejumlah pemain bintang dengan gaji yang sangat tinggi.

Klub-klub tersebut di antaranya adalah Shanghai Greenland Shenhua, Shanghai SIPG, dan Shandong Luneng. Untuk diketahui, Shanghai Shenhua berani menggaji mantan bintang Manchester United, Carlos Tevez, sebesar £ 615.000 atau sekitar Rp 10,455 miliar per minggu.

Begitu pula dengan Shanghai SIPG yang membayar mantan bintang Chelsea, Oscar dos Santos, £ 400.000 (Rp 6,8 miliar). Demikian pula halnya dengan Shandong Luneng yang merayu mantan striker Southampton, Graziano Pelle, dengan gaji sebesar £ 290.000 (Rp 4,9 miliar).

Berikut daftar klub yang terancam didepak dari kompetisi:

Liga Super China: Shanghai Shenhua, Shanghai SIPG, Beijing Guoan, Changchun Yatai, Chongqing Dangdai Lifan, Hebei China Fortune, Guangzhou Evergrande, Guangzhou R&F, Jiangsu Suning, Liaoning Whowin, Shandong Luneng Taishan, Tianjin Quanjian, Tianjin TEDA.

League One: Beijing Renhe, Dalian Transcendence, Shanghai Shenxin, Shijiazhuang Ever Bright.

League Two: Qingdao Jonoon.

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala sangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *