Friday , 7 August 2020 5:44
Home / Piala Dunia 2018 / Komentar Marcelo Lippi Usai Gagal Bawa China Ke Piala Dunia 2018
Foto: scmp.com

Komentar Marcelo Lippi Usai Gagal Bawa China Ke Piala Dunia 2018

DOHA – Sejak Oktober 2016, publik telah memperkirakan kalau China bakal tersingkir dari kualifikasi Piala Dunia 2018. Sebabnya, dari 4 partai yang dilalui, mereka hanya mampu meraih satu poin.

Selasa (5/9) kemarin, di Khalifa International Stadium perkiraan itu terbukti. Meski demikian, pasukan Marcello Lippi pantas pulang dengan kepala tegak karena anak asuhnya tersingkir dengan cara terhormat.

Bermain dengan 10 orang, China mampu bangkit dan mengalahkan tuan rumah Qatar 2-1 melalui gol-gol yang dicetak Xiao Zhi dan Wu Lei dalam 15 menit terakhir. Sayang, mereka kalah satu poin dan selisih gol dari Suriah yang lolos ke babak play-off.

Kemenangan lawan Qatar merupakan kemenangan kali ketiga yang dipetik China dari 5 partai terakhir. Menurut Lippi, andai menang lawan Qatar di pertemuan pertama (0-0, 15 November 2016) dan saat bertanding melawan Suriah (2-2, 13 Juni 2017), China pasti bisa bertengger di peringkat kedua alias tiket otomatis menuju Rusia.

“Kami pantas menang lawan Qatar. Saat itu tiga peluang kami tertahan mistar gawang dan juga gemilangnya penampilan kiper. Lalu, saat lawan Suriah, kami kebobolan di menit terakhir. Kami kehilangan 4 poin dari 2 partai. Jika tidak kami akan lolos dengan predikat runner-up grup,” ujar Lippi.

Keberhasilan Lippi membangkitkan kembali performa timnas membuat rakyat China menyesal dengan keputusan Asosiasi Sepakbola China (CFA) yang terlambat mendaulat mantan pelatih timnas Italia tersebut. Namun Lippi menolak hal seperti itu.

“Tidak ada kata ‘jika’ dalam sepakbola. Faktanya, tim ini telah menunjukkan peningkatan baik dari kualitas maupun poin. Anda bisa lihat sendiri. Saat saya kali pertama datang, kami tidak punya lagi harapan untuk lolos. Tapi, kami buktikan kami bisa berjuang sampai titik darah yang terakhir. Saya berharap tim ini terus berkembang dan meraih hasil bagus di Piala Asia 2019,” pungkas Lippi.

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala¬†sangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *