Saturday , 11 July 2020 5:34
Home / La Liga / La Liga Tuntut UEFA Investigasi Manchester City
Foto: elconfidential.com

La Liga Tuntut UEFA Investigasi Manchester City

MADRID – Selain Paris Saint-Germain, Manchester City juga dituding mendapatkan keuntungan dari adanya dukungan yang diberikan negara asal pemilik klub. Karena itu, La Liga menuntut UEFA juga melakukan investigasi terhadap The Citizens.

Dalam pernyataan resminya kepada AP, Presiden La Liga, Javier Tebas menilai City yang dimiliki petinggi Abu Dhabi dan PSG yang dipunyai petinggi Qatar, menerima keuntungan dari bantuan negara yang dampaknya telah merugikan industri sepakbola di Eropa.

Dalam surat terpisah yang dikirimkan kepada UEFA pada 22 Agustus lalu, La Liga meminta UEFA melakukan investigasi kepada City dan PSG. Namun, menurut sumber ESPN, UEFA menampik dugaan City telah melanggar aturan Financial Fair Play. “Tidak ada investigasi terhadap Manchester City yang terkait dengan aturan FFP,” ujar UEFA.

Seperti diketahui, di bursa transfer musim panas 2017, kedua klub telah membelanjakan ratusan juta euro untuk berbelanja pemain baru. Menurut Tebas, langkah tersebut tak lepas dari adanya “keuntungan dari sponsorship yang tidak masuk akal dan sangat tidak adil”. UEFA seharusnya memberlakukan regulasi FFP demi menghindarkan adanya diskriminasi klub.

Lebih lanjut, Tebas meminta UEFA berkaca pada jejak rekam kedua klub raksasa tersebut yang sempat melanggar aturan FFP. Pada 2014, jumlah nilai skuat PSG dan City di Liga Champions dikurangi € 20 juta. Jumlah skuat kedua klub pun dibatasi.

“PSG merupakan klub yang mempunyai kebiasaan melanggar aturan FFP dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, sangat penting bagi UEFA untuk tidak hanya meneliti aktivitas transfer belakangan ini, tapi melihat juga sejarah ketidakpatuhan PSG,” tandasnya.

Seperti diketahui, setelah memboyong Neymar dengan nilai sebesar € 222 juta, PSG pun musim depan akan mengakuisisi Kylian Mbappe dengan mahar senilai € 180 juta. Sementara, di bursa transfer lalu Manchester City tercatat tak kurang menghabiskan bujet belanja sampai € 230 juta.

Baca Juga

Arsenal Siapkan Upah Tiga Kali Lipat Untuk Goda Thomas Partey

LONDON – Arsenal nampak benar-benar serius dalam pengejaran Thomas Partey dari Atletico Madrid pada jendela …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *