Wednesday , 17 October 2018 23:55
Home / Liga Champions / Liga Champions Resmi Terapkan VAR Musim Depan
Liga Champions, VAR

Liga Champions Resmi Terapkan VAR Musim Depan

Nyon – Teknologi Video Assistant Referee akhirnya merambah Liga Champions. Mulai musim depan, turnamen tertinggi antarklub Eropa itu bakal menggunakan VAR dalam setiap pertandingannya.

Keputusan penggunaan VAR datang setelah Komite Eksekutif UEFA melakakukan pertemuan di marka UEFA di Nyon, Swiss. Bukan cuma di Liga Champions, dalam pertemuan itu, diputuskan pula bahwa VAR akan digunakan pada Piala Super Eropa, Piala Eropa 2020, dan Liga Eropa 2020-21, dan Final UEFA Nations League 2021.

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

“Kami percaya diri bahwa mengenalkan VAR pada Agustus 2019 akan memberi kami waktu yang cukup untuk meletakkan sistem yang mumpuni dan melatih perangkat pertandingan agar impelementasi VAR berjalan sukses,” tegas Ceferin di situs resmi UEFA.

VAR sendiri pada prinsipnya bertujuan untuk meminimalisasi kesalahan wasit. Wasit diketahui bisa menggunakan VAR saat hendak memutuskan sebuah gol, penalti, kartu merah, atau kesalahan identifikasi.

Awalnya teknologi VAR pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 dan di ujicoba secara langsung di bawah pengawasan Federasi Sepak bola Belanda. Teknologi ini lalu diterima oleh FIFA dan mulai digunakan di ajang Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Maroane Fellaini Klaim Seluruh Pemain United Mendukung Mourinho

MANCHESTER – Usai menelan beberapa hasil negatif dan juga dirundung kabar soal keretakan hubungan internal, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *