Wednesday , 23 October 2019 21:15
Home / UEFA / Louis Van Gaal Resmi Pensiun
Foto: zeenews.india.com

Louis Van Gaal Resmi Pensiun

AMSTERDAM – Pelatih kawakan asal Belanda, Louis van Gaal secara resmi pensiun dari dunia sepakbola. Van Gaal lebih memilih menghabiskan waktu bersama keluarga daripada mengurusi sebuah klub.

Pelatih yang pernah menangani timnas Belanda ini terakhir kali menangani tim saat menjadi arsitek Manchester United. Sayang, karier Van Gaal tak berjalan mulus di Old Traffrod. Dirinya akhirnya mendapat surat pemecatan Mei 2016.

Padahal, Van Gaal dipecat hanya selang dua hari setelah mengantarkan klub tersebut menjadi juara Piala FA. Setelah itu Van Gaal relatif “menghilang” dari hingar bingar sepakbola dan menghabiskan waktu bersama istri serta anak-anaknya.

“(Setelah Manchester United), saya berpikir untuk berhenti melatih, lalu kemudian saya berpikir ingin istirahat dulu, tapi sekarang saya rasa saya tidak akan kembali melatih lagi,” ujar Van Gaal kepada Telegraph.

“Saya bisa saja melatih di luar negeri, tapi saya masih ada di sini. Banyak hal terjadi dalam keluarga saya,” sambungnya.

Nama Van Gaal mulai mencuat ketika dia melatih Ajax Amsterdam pada tahun 1991 yang diwarnai tiga titel Liga Belanda serta trofi Liga Champions 1995.

Setelah itu Van Gaal pindah ke Barcelona yang juga diwarnai dengan kesuksesan yakni dua trofi La Liga, satu Copa del Rey, dan satu Piala Super Eropa. Sempat melatih Timnas Belanda dan Barca lagi, Van Gaal cukup lama menangani AZ Alkmaar dengan torehan satu titel Liga Belanda.

Pada tahun 2009, Van Gaal pindah ke Bayern Munchen dan meraih titel Bundesliga serta DFB-Pokal pada musim 2009-2010 sebelum melatih Belanda lagi pada 2012. Van Gaal sukses membawa De Oranje finis posisi ketiga di Piala Dunia 2014 dengan salah satunya mengalahkan juara bertahan Spanyol 5-1 di fase grup.

Setelah itu Van Gaal menjadi manajer MU dengan torehan satu gelar Piala FA. Selama 26 tahun karier kepelatihannya, Van Gaal sudah menjalani 888 pertandingan dengan 536 kemenangan, 179 imbang, dan 173 kekalahan.

Baca Juga

Leroy Sane, Jerman

Leroy Sane Tetap Optimis Dengan Masa Depan Jerman

Munich – Winger timnas Jerman, Leroy Sane, mengaku kecewa usai gagal mengalahkan Belanda. Namun, Sane …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *