Tuesday , 22 October 2019 6:28
Home / UEFA / Mantan Pelatih Timnas Inggris Meninggal Dunia
Foto: thesun.co.uk

Mantan Pelatih Timnas Inggris Meninggal Dunia

Mantan pelatih Timnas Inggris yang gagal membawa Stuart Pearce dkk melaju ke putaran final Piala Dunia 1994, Graham Taylor OBE, Kamis (12/1) kemarin, meninggal dunia dalam usia 72 tahun.

Konfirmasi tutup usianya Taylor diungkapkan juru bicara keluarga yang menyebut serangan jantung diduga menjadi penyebabnya.

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami memberi konfirmasi Graham telah meninggal dunia di rumahnya pada pagi hari ini (kemarin) karena diduga terkena serangan jantung. Keluarga benar-benar berduka dengan kejadian yang tiba-tiba dan tak disangka-sangka ini,” demikian pernyataan resmi keluarga Taylor.”

“Kami sangat bersedih mendengar kabar meninggalnya Graham Taylor. Sosok legenda sepakbola. Kami turut berduka,” kata Football League dalam pernyataan resminya.

Taylor yang semasa aktif bermain merupakan pemain defender Grimsby Town dan Lincoln City, sempat menjadi pelatih Watford selama satu dekade, 1977-1987, dan kemudian menjadi manajer Aston Villa dalam tiga musim, 1987-1990.

Kiprah Taylor bersama Villa terbilang sukses. Villa diantarkannya meraih tiket promosi ke First Division pada 1988 dan menempati peringkat dua besar di klasemen akhir 1989-1990.

Pada Juli 1990, Taylor ditunjuk menggantikan Sir Bobby Robson sebagai pelatih Timnas Inggris. Taylor mampu membawa Gary Lineker dkk melaju ke putaran final Piala Eropa 1992. Namun, prestasi Lineker dkk begitu buruk, tersingkir di babak penyisihan grup dengan menempati posisi juru kunci.

Pada 23 November 1993 setelah Inggris dipastikan gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 1994, Taylor menanggalkan jabatannya dari Tiga Singa. Selepas timnas, Taylor kembali menjadi pelatih klub dengan menjadi manajer Wolverhampton Wanderers (1994-1995), Watford (1996-2001), dan kembali menangani Villa selama semusim, 2002-2003.

Baca Juga

Leroy Sane, Jerman

Leroy Sane Tetap Optimis Dengan Masa Depan Jerman

Munich – Winger timnas Jerman, Leroy Sane, mengaku kecewa usai gagal mengalahkan Belanda. Namun, Sane …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *