Saturday , 19 October 2019 15:08
Home / Piala Dunia 2018 / Palsukan Dokumen, AFC Skorsing Timor Leste
Foto: fifa.com

Palsukan Dokumen, AFC Skorsing Timor Leste

KUALA LUMPUR – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menjatuhkan hukuman bagi Timnas Timor Leste, yaitu dilarang tampil di ajang Piala Asia 2023. Sebabnya, Timor Leste terbukti memalsukan dokumen para pemainnya yang berasal dari Brasil.

Dalam pernyataan resminya yang dirilis pada Jumat (20/1), AFC menyebutkan langkah penyelidikan yang digelar dilakukan bersamaan dengan FIFA pada Juni 2016. Saat itu AFC menyelidiki persyaratan atau eligibilitas sejumlah pemain Timor Leste setelah berhasil lolos kualifikasi Piala Asia 2019 yang akan digelar di Uni Emirat Arab.

“Langkah investigasi menemukan bahwasanya 12 pemain asal Brasil yang didaftarkan pada Sistem Administrasi AFC telah memalsukan kelahiran Timor atau sertifikat baptisnya. Dokumen yang dikirim ke AFC menunjukkan mereka memenuhi syarat untuk bermain bersama Timor Leste melalui salah satu atau kedua orangtuanya lahir di Timor Leste. Hal mana diketahui telah dipalsukan,” ujar AFC.

Sebanyak 9 pemain Timor Leste yang dokumennya telah dipalsukan, diketahui tampil dalam 29 partai AFC. Tujuh di antaranya berada di bawah yurisdiksi FIFA. Hasil ke-29 partai tersebut telah dibatalkan dimana para pemain diganjar denda sebesar US$ 56.000.

Terkait pemalsuan dokumen tersebut, Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Timor Leste (FFTL), Amandio de Araujo Sarmento diganjar sanksi berat tidak boleh melakukan aktivitas sepakbola selama 3 tahun dan petinggi FFTL lainnya didenda US$ 3.000.

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala┬ásangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

3 comments

  1. wah bahaya juga ni timor leste , licik bener .

  2. Ketidakjujuran berjamaah demi mencapai prestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *