Saturday , 19 October 2019 17:29
Home / Premier League / Pemilik Facebook Tertarik Akuisisi Tottenham Hotspur
Foto: newsalert.com

Pemilik Facebook Tertarik Akuisisi Tottenham Hotspur

LONDON – Pemilik jejaring sosial terpopuler Facebook, Mark Zuckerberg, disebut berada didalam kelompok perusahaan investasi asal Amerika Serikat yang tertarik mengakuisisi salah satu klub elite Liga Primer Inggris, Tottenham Hotspur.

Dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes pada 2016 lalu, programmer muda berusia 33 tahun itu ditempatkan di urutan keenam dengan total kekayaan ditaksir mencapai US$ 63,2 miliar atau lebih dari Rp 820 triliun.

Dengan jumlah kekayaan tersebut, adalah hal yang mudah bagi Zuckerberg untuk mengakuisisi Tottenham yang harganya ditengarai hanya mencapai £ 1 miliar atau sekitar Rp 17 triliun.

Adalah laporan Sunday Times yang awalnya melansir isu takeover Tottenham oleh Iconiq Capital, perusahaan investasi yang mengelola dana perusahaan di Silicon Valley, termasuk Facebook-nya Zuckerberg.

Sunday Times mengklaim petinggi Iconiq Capital telah melakukan sejumlah pembicaraan dengan sejumlah firma di AS dan London terkait proses akuisisi klub Liga Primer Inggris. Yang menarik, kabarnya sejak 2014, Iconiq Capital telah tertarik membeli Tottenham.

Namun, isu yang sempat meluas di media Inggris dan AS itu dibantah kubu Tottenham. “Manajemen dan dewan direksi klub tidak pernah melakukan pembicaraan yang berkaitan dengan rencana takeover,” tegas Tottenham.

Menyusul kian tenarnya Liga Primer, sejumlah taipan AS dan dunia tertarik menanamkan sahamnya di klub-klub premiership. Setelah taipan asal Rusia, Roman Abramovich, mengakuisisi Chelsea pada 2003, giliran taipan AS keluarga Glazer yang menguasai saham Manchester United.

Tiga klub elite Liga Primer lainnya, Arsenal, Liverpool, dan Manchester City, juga menjadi milik atau sebagian besar sahamnya dimiliki taipan asing. Taipan AS, Stan Kroenke, menguasai hampir 70 persen saham The Gunners, sementara John W Henry menjadi pemilik The Gunners. Dan, The Citizens dikendalikan para investor Abu Dhabi.

Untuk diketahui, sejak 2012 Tottenham sepenuhnya dimiliki ENIC Group, perusahaan yang dipimpin taipan asal London yang kini menjadi warga Bahamas, Joe Lewis. Roda operasional klub sehari-hari dikendalikan Chairman Klub, Daniel Levy.

Baca Juga

Tottenham Inginkan Isco Dalam Kesepakatan Christian Eriksen

LONDON – Tottenham kabarnya sedang mempertimbangkan untuk memasukkan nama Isco dalam operasi Real Madrid yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *