Tuesday , 12 November 2019 5:09
Home / Euro 2016 / Piala Eropa 2016 Perkenalkan Aturan Baru Sepak Bola
Foto: BBC

Piala Eropa 2016 Perkenalkan Aturan Baru Sepak Bola

Piala Eropa 2016 baru digelar empat hari lamanya. Namun, terlihat ada perubahan besar pada cara bermain para pemain di lapangan.

Saat pertandingan antara Spanyol vs Ceko dan Irlandia vs Swedia. Saat kick off pertandingan Spanyol vs Ceko, terlihat Alvaro Morata berdiri hanya sendiri di sekitar titik tengah lapangan untuk melakukan kick off.

Hal ini berbeda dengan pertandingan sebelumnya yang memperlihatkan dua pemain berada dalam lingkaran tengah lapangan untuk melakukan kick off. Netizen pun sempat bertanya-tanya terkait perubahan tersebut.

Dilansir Daily Mail, ternyata kick off dengan cara itu adalah aturan baru yang telah diperkenalkan oleh Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB).

Hal yang sama juga terlihat saat pertandingan Irlandia vs Swedia. Kapten Irlandia Utara, Steven Davis, yang juga dari Southampton terlihat hanya sendiri melakukan kick off. 

Aturan ini sebenarnya telah diumumkan pada April oleh IFAB, namun baru diterapkan di Piala Eropa 2016 ini. Bola kini bisa bergerak ke segala arah dari titik kick-off. Berbeda dengan aturan sebelumnya yang mengharuskan bola melewati garis tengah lapangan sebagai penanda pertandingan dimulai.

Berikut ini adalah sejumlah perubahan peraturan yang terjadi di sepak bola:

Kick-off: Kini bisa dilakukan hanya seorang diri dan bola bisa ditendang ke segala arah, termasuk ke belakang. Sebelumnya,kick-off harus dilakukan oleh dua pemain dan si kulit bundar hanya boleh ditendang ke arah depan.

Offside: Bagian lengan dan tangan pemain tidak menjadi pertimbangan saat asisten wasit memutuskan apakah seorang pemain berada di posisi offside.

Penalti: Jika seorang kiper keluar dari garis gawangnya dan menyebabkan tendangan penalti harus diulang, sang kiper dihukum dengan kartu kuning.

Pelanggaran: Seandainya sebuah pelanggaran melibatkan kontak dengan lawan, maka “hadiahnya” adalah tendangan bebas langsung.

Perlengkapan: Warna setiap bahan yang melindungi kaus kaki harus sama dengan kaus kaki yang dikenakan pemain. Aturan ini juga berlaku untuk kinesio tape atau bahan lainnya.

Tinggalkan lapangan: Jika seorang pemain cedera dan sang pelanggar menerima kartu merah atau kuning atas perbuatannya,  pemain yang mengalami cedera tidak perlu meninggalkan lapangan untuk mendapatkan perawatan.

Tiga hukuman: Seorang pemain yang melanggar pemain lawan dalam kesempatan mencetak gol di kotak penalti biasanya akan diganjar penalti, mendapat kartu merah, dan skorsing satu laga. Namun, IFAB telah memutuskan bahwa wasit dapat hanya memberi kartu kuning apabila sang pemain dianggap “secara meyakinkan” berusaha merebut bola dari lawan.

Sending off offences: Seorang pemain dapat diusir segera setelah wasit memasuki lapangan permainan untuk melakukan inspeksi pra-pertandingan. Hal ini berarti kartu merah dapat diberikan sebelum kick-off laga.

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala sangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *