Tuesday , 26 May 2020 7:45
Home / La Liga / Posisi Bermain Cristiano Ronaldo Di Awal Karier Bukan Seorang Winger
Foto: managingmadrid.com

Posisi Bermain Cristiano Ronaldo Di Awal Karier Bukan Seorang Winger

MADRID – Kehebatan Cristiano Ronaldo yang mengolah si kulit bundar dari posisi sayap, ternyata tidak dilakukannya dari awal saat memulai karier profesional sebagai pesepakbola.

Megabintang Real Madrid itu merupakan seorang penyerang murni. Tapi, karena alasan tubuhnya yang terlalu kurus, Ronaldo akhirnya dipindah ke posisi penyerang sayap.

Fakt itu diungkapkan mantan pelatih Sporting Lisbon, Laszlo Boloni, yang menanggapi soal peran pertama Cristiano Ronaldo. Boloni mengaku terpaksa memindahkan posisi Ronaldo di awal kariernya sebagai pesepakbola karena pemain asal Portugal itu terlalu kurus.

Ketika promosi ke tim senior Sporting pada 2002, Ronaldo masih berposisi sebagai penyerang tengah. Namun, Boloni menilai Ronaldo tidak akan bertahan lama menjadi pesepakbola jika bermain sebagai penyerang.

Tubuh yang kurus membuat Ronaldo diyakini Boloni tidak akan mampu bersaing menghadapi bek tengah dengan badan yang besar-besar di Liga Portugal.

“Saya pindahkan Ronaldo ke sayap karena dia harus menghadapi dua bek tengah dengan berat badan 90 kilogram, dan itu terlalu berlebihan bagi pemain muda 16 atau 17 tahun,” ujar Boloni dikutip dari Marca.

“Ronaldo lebih bisa mengeksploitasi kualitasnya di sayap, tanpa kehilangan efektivitas. Saya menjadi semakin puas setelah Sir Alex Ferguson melakukan hal yang sama ketika Ronaldo bergabung dengan Manchester United,” sambung pelatih asal Rumania tersebut.

Ketika mempromosikan Ronaldo ke tim utama Sporting, Boloni punya waktu yang cukup untuk membesarkan badan kapten timnas Portugal tersebut.

“Ketika Ronaldo masih muda, dan peraturan mencegahnya bermain di tim utama, kami memberinya pelatihan spesial dan program pembesaran otot untuk membantu dia kuat menghadapi duel. Meminjam pernyataan Aime Jacquet (eks pelatih timnas Perancis), ‘mendagingkan permainannya’,” ucap Boloni.

Baca Juga

Gareth Bale, Real Madrid

Rivaldo Percaya Gareth Bale Masih Bisa Bersinar di Kancah Premier League

Madrid – Legenda Brazil, Rivaldo, memberikan penilaiannya terkait masa depan Gareth Bale bersama Real Madrid. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *