Monday , 6 April 2020 12:58
Home / La Liga / Presiden La Liga Kecam Langkah Real Madrid
Foto: elconfidential.com

Presiden La Liga Kecam Langkah Real Madrid

Presiden La Liga, Javier Tebas, menilai Real Madrid telah melakukan kesalahan besar dengan langkahnya yang ingin memblokade aturan baru terkait hak siar televisi yang akan diberlakukan musim ini.

Dengan tujuan agar pendapatan klub lebih merata dari hak siar televisi, Pemerintah Spanyol secara formal telah melansir aturan baru yang legal secara hukum. Aturan ini dipastikan bakal membuat pundi-pundi penerimaan Real Madrid dan Barcelona akan menurun.

Poin utama yang membuat Madrid meradang dalam aturan ini adalah soal hak siar internasional dimana Los Blancos sendiri telah melego secara terpisah hak siar tersebut kepada perusahaan yang menjadi partner teknologi klub.

Karenanya, untuk menghentikan atau membatalkan aturan tersebut Madrid membawa kasus ini ke meja hijau. Madrid menjadi satu-satunya klub yang memveto kesepakatan hak siar internasional saat pertemuan tahunan La Liga pada September 2015.

Menurut Tebas, pendirian atau sikap Madrid justru akan merugikan dirinya sendiri. “Kini kami mesti lebih kompetitif. Karenanya, aturan ini sangat diperlukan. Hanya Madrid klub yang paling keberatan. Mereka tidak menyadari apa arti aturan tersebut. Membawa kami ke meja hijau adalah sikap yang keliru dan justru akan merugikan Madrid sendiri,” tegas Tebas.

Dengan aturan baru tersebut, Tebas berharap kompetisi La Liga bakal lebih kompetitif dan klub meraih pendapatan hak siar dengan lebih merata. Tebas menjelaskan, sistem baru tersebut tidak akan terlalu berdampak pada pendapatan keseluruhan Madrid dan Barcelona.

“Klub-klub yang selama ini berada di posisi bawah akan menerima pendapatan yang lebih banyak. Bahkan, beberapa di antaranya bakal mendapatkan kenaikan dua kali lipat. Jadi, gap atau perbedaan (antara klub) jadi lebih kecil. Pendapatan Atletico akan tumbuh. Begitu pula dengan Villarreal dan Sevilla,” terang Tebas.

Di musim lalu, Madrid meraih jumlah pemirsa televisi lokal (Spanyol) yang lebih banyak ketimbang Barcelona (25,5 persen berbanding 16,9 persen). Akan tetapi, untuk jumlah pemirsa internasional, Barcelona unggul dari Madrid, 25,6 persen berbanding 21,9 persen. Untuk dua kategori tersebut, Atletico menempati peringkat ketiga disusul Sevilla dan Valencia.

Baca Juga

Diminati Liverpool, Barcelona Hanya Akan Lepas Dembele Jika Ada Tawaran Menarik

BARCELONA – Barcelona kabarnya siap melepas Ousmane Dembele pada jendela transfer musim panas mendatang. Namun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *