Tuesday , 12 November 2019 5:47
Home / Euro 2016 / Presiden Prancis Jamin Keamanan Selama Piala Eropa 2016
Foto: ecoleaberdeen.fr

Presiden Prancis Jamin Keamanan Selama Piala Eropa 2016

Belum lama ini Amerika Serikat sempat memperingatkan kemungkinan terjadinya serangan teroris dalam kejuaraan sepak bola Piala Eropa 2016 yang akan digelar pada 10 Juni hingga 10 Juli mendatang. Selaku tuan rumah, Presiden Prancis, Francois Hollande, mengakui adanya potensi serangan tersebut.

Kepada sebuah stasiun radio seperti dikutip ibtimes, Senin (6/6), Presiden Hollande mengatakan momentum pelaksanaan Piala Eropa 2016 yang digelar di Prancis dapat merupakan peluang dalam terjadinya aksi teror. Kendati mengakui bahaya dari potensi serangan tersebut, Hollande meminta para penonton yang akan hadir untuk tidak takut.

“Ancaman serangan mungkin saja terjadi,” ujar Presiden Prancis, Francois Hollande.

“Namun kita tak boleh gentar. Kita harus melakukan apa saja untuk memastikan bahwa Piala Eropa 2016 berjalan dengan sukses,” ucap Hollande.

Ajang Euro 2016 diprediksi akan menarik 2,5 juta penonton yang akan menyaksikan 51 pertandingan di 10 stadion nasional di seluruh Prancis. Setidaknya terdapat 24 tim dari berbagai negara yang akan berpartisipasi dalam pertandingan ini. Berkumpulnya 24 tim menyebabkan keramaian di berbagai tempat di Eropa, sehingga ajang ini disebut dapat menjadi sasaran empuk bagi teroris dalam menjalankan aksi terornya.

Untuk mengamankan pelaksanaan Piala Eropa 2016, pemerintah telah mempersiapkan pengamanan tingkat tinggi. Lebih dari 90 ribu pasukan keamanan dikerahkan untuk berpatroli sepanjang pertandingan tersebut berlangsung. Mereka yang diterjunkan termasuk di antaranya polisi, pasukan pengamanan nasional, agen keamanan swasta, dan relawan.

Baca Juga

[Video] Timnas Wales Disambut Layaknya Seorang Pahlawan

Wales tersingkir di babak semifinal Piala Eropa 2016. Namun, capaian tersebut menjadikan para pemain layaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *