Sunday , 5 July 2020 4:57
Home / Piala Dunia 2018 / Prosedur Baru Undian Piala Dunia 2018
Foto: Twitter #2018WolrdCup

Prosedur Baru Undian Piala Dunia 2018

ZURICH – Di markas besar FIFA, Komite Organisasi Kompetisi yang dipimpin Aleksander Ceferin, baru saja melakukan pertemuan guna mengevaluasi Piala Konfederasi 2017 dan persiapan menjelang digelarnya putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, Juni-Juli mendatang.

Poin penting dari pertemuan tersebut adalah adanya prosedur baru dalam tata cara pengundian untuk menentukan empat tempat unggulan untuk 32 negara yang lolos dari babak kualifikasi. Sesuai dengan jadwal undian Piala Dunia 2018 akan dilangsungkan di Moskow, 1 Desember mendatang.

Berbeda dengan prosedur penentuan unggulan sebelumnya yang hanya menetapkan unggulan teratas didasarkan pada kekuatan negara dalam rangking FIFA dan tiga lainnya berdasarkan konfederasi, maka kali ini semua tempat unggulan (tiap grup terdiri dari 8 tim) akan ditentukan dari daftar rangking FIFA terakhir atau edisi Oktober 2017.

Di tempat pertama, 8 tim berhak diunggulkan, yakni Rusia sebagai tuan rumah (otomatis) dan 7 negara yang menempati posisi teratas dalam rangking FIFA per edisi Oktober. Satu tempat dari 7 negara diyakini akan diisi Brasil. Hal yang sama juga berlaku bagi Jerman, Argentina dan Portugal (jika lolos).

Sementara, tempat kedua sampai keempat akan diisi tim-tim yang lolos kualifikasi dengan mengacu pada posisi terakhir dalam rangking FIFA. Itulah sebabnya, Inggris diyakini bakal masuk dalam unggulan kedua, bersama Prancis, Spanyol, Italia, dan Meksiko.

Soal aturan lainnya, FIFA tetap menerapkan regulasi tidak ada dua tim dari konfederasi yang sama yang tergabung dalam grup yang sama, kecuali Eropa yang memiliki 13 tiket lewat jalur kualifikasi.

Baca Juga

Lionel Messi, Argentina

Dybala: Argentina Rindukan Sosok Lionel Messi

Buenos Aires – Bomber Juventus, Paulo Dybala¬†sangat menginginkan kembalinya superstar Barcelona, Lionel Messi ke tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *