Monday , 6 July 2020 5:35
Home / Nasional / PSSI Siap Kembali Bangkitkan Sepakbola Wanita

PSSI Siap Kembali Bangkitkan Sepakbola Wanita

PALEMBANG – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui Ketua Komite Sepakbola Wanita, Papat Yunisial, telah merancang program untuk membangkitkan kembali sepakbola wanita di Tanah Air dengan memunculkan Liga 3.

Ia mengatakan PSSI merencanakan digelarnya kompetisi Liga 3 pada 2018 untuk mencetak pesepakbola wanita profesional.

Tak hanya itu, PSSI juga akan membuat aturan baru pada Liga Danone usia muda yakni mewajibkan ada dua atlet perempuan dalam satu tim.

“Selama ini sifatnya hanya imbauan, tapi untuk Liga Danone mendatang menjadi wajib,” kata Papat yang hadir di Palembang untuk memantau kejuaraan uji coba Asian Games yakni Piala Pertiwi 2017.

Menurutnya, “pemaksaan” ini dibutuhkan untuk menstimulus bangkitnya sepakbola wanita. Indonesia sejatinya telah memunculkan sepakbola bagi kaum hawa ini pada era tahun 70-an, tapi kini justru mandek di tengah maraknya sepakbola profesional untuk kaum pria.

Papat mengatakan bukan hanya dari sisi kompetisi, PSSI juga berencana masuk ke bidang pendidikan dengan menganjurkan sekolah-sekolah memiliki ekstrakurikuler sepakbola wanita.

“PSSI pun bersedia mensubsidi dengan memberikan pelatihan bersertifikat ke guru sekolah,” ujar Papat yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI 2016-2020 itu dilansir dari Antara.

Timnas wanita pertama kali bertanding pada tahun 1977 di Kejuaraan AFC Wanita dengan finis pada peringkat 4. Sementara, di era sekarang, timnas terakhir bertanding pada 2015 di Piala AFF.

Sementara untuk kompetisi dalam negeri, Indonesia sebenarnya memiliki Piala Pertiwi yang digelar sejak tahun 2006. Namun ajang ini mengalami pasang surut karena ikut terhenti ketika Indonesia menerima sanksi dari FIFA pada tahun 2016 lalu.

Baca Juga

Piala AFC U-19, Indonesia, Egy Maulana Vikri,

Egy: Lechia Gdansk Dukung Saya ke Piala Dunia U-20

Jakarta – Pemain Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, mengungkapkan jika dirinya mendapat dukungan penuh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *