Tuesday , 23 October 2018 0:07
Home / Nasional / PSSI Tetap Akan Gunakan Wasit Asing

PSSI Tetap Akan Gunakan Wasit Asing

JAKARTA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan tetap menggunakan jasa wasit asing dalam lanjutan kompetisi tertinggi Liga 1. Meski, ada beberapa pihak yang mempertanyakan keputusan tersebut.

“Tidak ada penundaan program wasit asing. Yang kami lakukan adalah penyesuaian waktu dengan proses penyelesaian administrasi,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Sebelumnya, banyak pihak mempertanyakan legalitas para wasit asing yang memimpin pertandingan di Liga 1. Tapi, PSSI menyatakan itu sudah diselesaikan melalui rapat dengan para stakeholder.

PSSI sendiri kini masih menunggu kesediaan wasit dari Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, Australia, Iran, dan Kyrgyzstan untuk memimpin laga Liga 1.

Selain memimpin pertandingan, wasit-wasit asing ini juga berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan wasit lokal dalam sebuah kegiatan khusus yang difasilitasi oleh PSSI.

Tak cuma mendatangkan wasit asing, PSSI nantinya juga mengirim beberapa wasit nasional untuk memimpin pertandingan dan berbagi pengalaman dan pengetahuan di luar negeri.

Sementara terkait perizinan kerja wasit asing di Indonesia, PSSI telah melakukan koordinasi dan bergerak sesuai arahan arahan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan pihak Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

Adapun prosedur perizinan tenaga kerja asing di sepak bola dan beberapa olahraga lain telah disepakati dalam rapat yang digelar pada Senin (28/8) yang melibatkan Kementerian Ketenagakerjaan, Ditjen Imigrasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, BOPI, PSSI, PBVSI, dan PERBASI.

Dalam rapat itu diputuskan bahwa wasit asing yang memimpin liga harus berada di Indonesia maksimal selama dua pekan. Wasit asing itu akan melakukan uji coba memimpin pertandingan yang penyelenggaraannya di bawah naungan PSSI.

Penugasan wasit tersebut berdasarkan mandat dari federasi tempat asalnya dan sebagai bentuk kerja sama dalam ruang lingkup Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Baca Juga

Egy Maulana Vikri

Luis Milla Beberkan Alasan Mengapa Tak Kunjung Turunkan Egy Maulana

Jakarta – Nama Egy Maulana Vikri memang sudah terdengar masuk ke dalam skuat Timnas Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *