Tuesday , 26 May 2020 10:06
Home / Nasional / PT LIB Berencana Kembali Gelar Piala Presiden Musim Depan

PT LIB Berencana Kembali Gelar Piala Presiden Musim Depan

JAKARTA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana kembali menggelar turnamen Piala Presiden pada musim depan.

Chief Operating Officer LIB, Tigor Shalomboboy, menjelaskan bahwa Piala Presiden 2018 tetap menjadi gelaran yang menggandeng PSSI sebagai induk organisasi kesebelasan para peserta. LIB hanya bertugas sebagai operator pelaksana kompetisi.

“Menengok jadwal jeda liga 2017 menuju 2018 antara Januari dan Februari, merupakan bulan senggang bagi tim-tim Liga 1 untuk istirahat kompetisi. Masa kosong pertandingan tersebut pas untuk menggelar Piala Presiden,” ujar Tigor.

Pada bulan senggang itu pun, diterangkan Tigor, masa uji coba pertandingan banyak cabang olahraga menuju Asian Games 2018. “Kalau dari kami (LIB) menyiapkan slot waktu sebelum tes event Asian Games,” ujarnya.

Rencana jadwal tersebut, kata Tigor, mempertimbangkan Liga 1 2018 yang akan mulai kick-off perdana antara pertengahan atau akhir Februari.

LIB, lanjut Tigor, sudah punya rencana format gelaran Piala Presiden. Opsi pertama, seperti Piala Presiden 2017 yang mempertandingkan sebanyak 20 kesebelasan dalam beberapa grup. Para peserta terdiri dari 18 klub Liga 1 2018 dan tim peringkat ke-4 dan 5 dari Liga 2 2017.

Opsi kedua, dengan mengundang 16 kesebelasan saja. Yaitu 15 tim yang selamat di Liga 1 ditambah satu tim juara Liga 2 musim ini. “Mungkin yang 16 tim yang cocok mengingat waktu pelaksanaannya yang singkat,” kata Tigor.

Jika opsi kedua yang dipilih, Tigor menambahkan, LIB akan membagi para peserta dalam tiga grup. Yakni grup barat, tengah, dan timur. Pembagian tersebut melihat domisili klub-klub peserta kompetisi yang tersebar di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan, juga Sulawesi serta Papua.

Adapun soal tuan rumah pertama gelaran Piala Presiden 2018, kata Tigor, jika jadi digelar akan mengambil tempat di Malang, Jawa Timur. Itu karena kesebelasan dari wilayah tersebut, yakni Arema FC adalah juara bertahan Piala Presiden.

Piala Presiden sebetulnya gelaran yang digulirkan saat Liga Indonesia vakum akibat pembekuan PSSI oleh pemerintah pada 2015. Saat itu, pemerintah menggandeng operator kompetisi Mahaka Sport and Entertainment milik Presiden Inter Milan, Erick Thohir. Bersama Presiden Joko Widodo, Mahaka menggelar Piala Presiden 2015 yang menghasilkan Persib Bandung sebagai juara.

Piala Presiden pun berlanjut pada 2016 sebelum Liga 1 2017 mulai digelar. Tapi berbeda, pada Piala Presiden musim lalu, gelaran tersebut tak lagi melibatkan swasta sebagai operator kompetisi. PSSI yang saat itu sudah dinormalisasi menjadi penyelenggara. Gelar juara Piala Presiden 2016 edisi ini menjadi milik Arema FC.

Baca Juga

Piala AFC U-19, Indonesia, Egy Maulana Vikri,

Egy: Lechia Gdansk Dukung Saya ke Piala Dunia U-20

Jakarta – Pemain Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, mengungkapkan jika dirinya mendapat dukungan penuh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *