Wednesday , 8 April 2020 12:01
Home / UEFA / Raja “Possession Football” Ternyata Tidak Lagi Milik Barcelona
Foto: mirror.co.uk

Raja “Possession Football” Ternyata Tidak Lagi Milik Barcelona

NEUCHATEL – Raksasa Spanyol, Barcelona, diklaim tidak lagi menyandang status rajanya “Possession Football” alias tim dengan dominasi penguasaan bola tertinggi di Eropa. Status ini sendiri mulai melekat saat Blaugrana masih ditangani Pep Guardiola.

Adalah studi yang dilakukan CIES Football Observatory yang tak lagi menempatkan Lionel Messi dkk sebagai rajanya penguasaan bola. Studi tersebut dilakukan CIES dengan menyaksikan laga yang berlangsung di 35 kompetisi liga di Eropa.

Menurut CIES, skuat yang kini diasuh Ernesto Valverde ini hanya mencatat 64,1 persen penguasaan bola di musim ini dengan rata-rata umpan tepat sasaran sebanyak 612 kali per pertandingan. Dengan catatan seperti itu, Barca hanya ditempatkan di peringkat ketujuh bersama Steaua Bucharest.

CIES menempatkan jawara Skotlandia, Celtic, yang dilatih Brendan Rodgers di peringkat teratas dengan rata-rata 70,8 persen dalam penguasaan bola dan 659 umpan per partai.

Di posisi kedua bercokol Borussia Dortmund (70,2 persen), diikuti Paris Saint-Germain (67,7 persen), Shakhtar Donetsk (67,6 persen), dan Manchester City (67,1 persen).

Yang cukup mengejutkan, tiga klub raksasa Eropa berada dalam posisi di luar 20 besar, seperti Real Madrid yang menempati peringkat ke-23 dengan rata-rata 61,1 persen, AC Milan di peringkat ke-29 (60,4 persen), dan Juventus di peringkat ke-33 (59,8 persen).

Baca Juga

Manajer Timnas Wales Sanjung Kualitas Gareth Bale!

Cardiff – Manajer Timnas Wales, Ryan Gigss, menyematkan pujian kepada Gareth Bale yang berkontribusi penting …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *