Tuesday , 12 November 2019 15:12
Home / Euro 2016 / Ronaldo, Bawa Portugal Ke 16 Besar Dan Ciptakan Rekor Baru
Foto: theworldgame.com

Ronaldo, Bawa Portugal Ke 16 Besar Dan Ciptakan Rekor Baru

Cristiano Ronaldo akhirnya mampu mencetak gol di Piala Eropa 2016. Dua golnya ke gawang Hongaria nerhasil meloloskan Portugal ke 16 besar serta menciptakan sejumlah rekor baru.

Dalam pertandingan terakhir fase Grup F, Rabu (22/6) dini hari WIB, Ronaldo menyumbang dua gol saat negaranya ditahan imbang 3-3 oleh Hongaria. Gol tersebut seakan menjawab kritikan yang dialamatkan kepadanya menyusul dua laga sebelumnya selalu gagal.

Saat jumpa Islandia, ia frustrasi kesulitan menembus barisan belakang lawan yang bermain solid. Bahkan, di akhir laga ia menyinggung permainan pragmatis Islandia.

Ronaldo kembali gagal mencetak gol saat Portugal bermain imbang 0-0 lawan Austria. Sepakan penaltinya di babak kedua masih mengenai tiang gawang, begitupun gol sundulannya yang dianulir karena terlebih dahulu terperangkap offside.

Dengan dua golnya tersebut, Ronaldo kini tercatat sebagai pemain pertama yang mampu membuat gol di empat gelaran Piala Eropa berbeda. Bukan hanya itu, CR7 menjadi pemain pertama yang tak pernah absen membuat gol di tujuh turnamen mayor secara beruntun.

Catatan tersebut ia buat pertama kali di Piala Eropa 2004. Dengan demikian, mantan pemain Manchester United itu mengalahkan mantan penyerang timnas Jerman, Jurgen Klinsmann.

Total, Ronaldo sudah mengemas delapan gol di putaran final Piala Eropa. Ia hanya berselisih satu gol dari rekor topskorer Piala Eropa sepanjang masa yang dipegang oleh legenda hidup timnas Prancis, Michel Platini dengan sembilan gol.

Catatan lainnya yang dibuat pemain 31 tahun itu adalah jadi pemain paling banyak tampil di putaran final, yakni 17 laga. Ia melewati Lilian Thuram dan Edwin van der Sar dengan 16 penampilan.

Rekor-rekor baru tersebut semakin lengkap dengan lolosnya Portugal ke 16 besar sebagi peringkat tiga terbaik dengan mengemas nilai tiga. Di babak selanjutnya, Seleccao das Quinas akan berhadapan dengan tim tangguh, Kroasia, yang mampu mengalahkan Spanyol di laga terakhir Grup D.

Baca Juga

[Video] Timnas Wales Disambut Layaknya Seorang Pahlawan

Wales tersingkir di babak semifinal Piala Eropa 2016. Namun, capaian tersebut menjadikan para pemain layaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *