Monday , 9 December 2019 20:53
Home / Nasional / Soal Regulasi Liga 1, AFC Tak Ikut Campur
Foto: aseanfootball.org

Soal Regulasi Liga 1, AFC Tak Ikut Campur

JAKARTA – Federasi Sepakbola Asia (AFC) memberikan pernyataan resmi terkait regulasi yang digunakan oleh PSSI untuk menjalankan kompetisi Liga 1. AFC menegaskan tidak ikut campur mengenai peraturan yang dibuat oleh negara masing-masing.

Pernyataan itu menanggapi keputusan PSSI yang membuat beberapa aturan berbeda dalam menjalankan Liga 1. Khususnya, soal peraturan pergantian pemain yang mencapai lima pemain dalam satu pertandingan.

Selain itu, setiap klub wajib memiliki minimal lima pemain U-23, dimana tiga di antaranya harus dipasang, serta aturan yang memperbolehkan pergantian hingga lima pemain dalam satu pertandingan.

Menurut pernyataan AFC, peraturan sepakbola merupakan yuridiksi dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Aturan soal jumlah pergantian pemain inilah yang menimbulkan polemik karena aturan FIFA yang umum berlaku pada kompetisi level tertinggi, pergantian pemain maksimal hanya tiga kali, seperti yang tertuang dalam “Laws of the Game”.

FIFA sendiri sudah menjawab surat dari PSSI dan meminta penjelasan mengenai aturan kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 dari PSSI, khususnya yang berkaitan dengan regulasi baru pergantian pemain dan kebijakan U-23.

Hal ini disampaikan FIFA dalam surat resminya kepada PSSI bertanggal 12 April 2017 yang ditandatangani Deputi Sekretaris Jenderal FIFA, Marco Villiger, dan Kepala Sepak Bola Profesional FIFA, James Johnson. Surat ini dikirim sebagai balasan surat PSSI yang diterima FIFA pada 4 April 2017.

Organisasi yang dipimpin Gianni Infantino itu hanya meminta PSSI menjabarkan lagi bagaimana kebijakan pergantian pemain dijalankan, bagaimana skenario kalau ada pemain cedera dan diusir dari pertandingan.

Baca Juga

Piala AFC U-19, Indonesia, Egy Maulana Vikri,

Egy: Lechia Gdansk Dukung Saya ke Piala Dunia U-20

Jakarta – Pemain Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, mengungkapkan jika dirinya mendapat dukungan penuh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *