Saturday , 4 July 2020 16:39
Home / Premier League / Tottenham Hotspur Hancurkan Keperkasaan Manchester City
Foto: 90min.com

Tottenham Hotspur Hancurkan Keperkasaan Manchester City

Tottenham Hotspur menjadi tim pertama di musim ini yang mampu meruntuhkan keperkasaan favorit juara Manchester City. Dalam lanjutan Liga Primer di pekan ketujuh yang berlangsung di White Hart Lane, Minggu (2/10) malam WIB, Tottenham secara meyakinkan menang dengan skor 2-0.

Dengan kemenangan ini, Tottenham menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan, merapatkan jaraknya dengan The Citizens yang tetap bertahan di puncak klasemen. Menempati peringkat kedua menggeser Liverpool, Tottenham kini hanya terpaut satu angka dari City.

Di laga ini, Pep Guardiola mengubah formasi dan komposisi timnya. Dua gelandang bertahan, Fernandinho dan Fernando dimainkan bersama-sama dalam strategi 4-3-3 dimana Sergio Aguero ditopang dua winger Jesus Navas dan Raheem Sterling.

Awalnya, City dengan mantap memulai laga dengan mendominasi penguasaan bola. Namun, di menit kesembilan, gawang City yang dikawal Claudio Bravo justru kebobolan lewat gol bunuh diri bek Aleksandar Kolarov yang berniat menghalau bola crossing Danny Rose. Skor 1-0.

Gol ini membuat para pemain Tottenham kian percaya diri. Strategi pressure ketat yang diperagakan Victor Wanyama dan Moussa Sissoko sejak garis tengah membuat alur permainan yang biasanya begitu lancar diperagakan David Silva dkk kerap terputus di tengah jalan.

Gempuran City yang terus menerus mengejar gol balasan justru menjadi senjata makan tuan saat Tottenham melontarkan serangan balik delapan menit sebelum turun minum tiba. Kerja sama tiga pemain: Erik Lamela, Heung-Min Son, dan Dele Alli, mampu mengobrak-abrik lima pemain City.

Lolos dari jebakan offside, menerima sodoran dari Son, Alli dengan cerdik melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang City tanpa dapat ditepis kiper Bravo. Skor 2-0.

Di awal babak kedua, kedua tim sama-sama mendapat peluang. Sepakan Victor Wanyama dapat diantisipasi kiper Bravo, sedangkan tendangan Sergio Aguero ditip kiper Hugo Lloris. Lantas, Guardiola menambah amusini di lini tengah dengan memasukkan Ilkay Gundogan.

Namun, justru Tottenham di menit ke-65 yang mendapat peluang emas untuk menambah keunggulan ketika Dele Alli dilanggar Fernandinho di kotak terlarang. Sayang, eksekusi penalti Erik Lamela dapat dibaca kiper Bravo.

Sejak itu, kendali permainan kembali berada di tangan City. Guardiola memainkan striker muda Kelechi Iheanacho. Di menit ke-75, peluang emas City lewat Iheanacho dapat diblok kiper Lloris. Enam menit berselang, kiper Lloris kembali beraksi gemilang dengan menggagalkan usaha Aguero.

Sampai peluit akhir dibunyikan, usaha City menembus rapatnya pertahanan Tottenham selalu kandas menyusul heroiknya penampilan duet bek tengah Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen. Skor 2-0.

Baca Juga

Thiago Alcantara, Bayern Munchen

Bayern Munchen Siap Lepas Thiago Alcantara

Kabar baik datang untuk Liverpool, hasrat klub Premier League tersebut untuk memboyong Thiago Alcantara berpotensi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *