Friday , 22 November 2019 16:49
Home / Euro 2016 / Tundukkan Irlandia, Prancis Melalu Ke Babak Perempat Final
Foto: irishtimes.com

Tundukkan Irlandia, Prancis Melalu Ke Babak Perempat Final

Prancis berhasil menundukkan perlawanan gigih Republik Irlandia 2-1 di partai keempat babak 16 besar Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Minggu (26/6) siang waktu setempat.

Dengan hasil ini, Prancis berhak melaju ke babak perempat final dan akan berhadapan dengan pemenang partai terakhir babak 16 besar antara Inggris dan Islandia.

Menyikapi ketertinggalan di babak pertama, pelatih Prancis, Didier Deschamps, berjudi dengan memasukkan winger muda Kingsley Coman dan menarik keluar N’Golo Kante yang dipastikan absen di laga perempat final. Prancis mengurung pertahanan Irlandia.

Di menit ke-48, umpan tendangan bebas Dimitri Payet diteruskan Pogba dan disambut Koscielny. Sayang, bola masih melebar. Di tengah tekanan Prancis, Irlandia sempat mengancam lewat crossing berbahaya yang disodorkan James McClean. Beruntung bagi Prancis, kiper Hugo Lloris bertindak cekatan dengan menepis bola.

Di  menit ke-55, Prancis mendapat peluang bersih pertama melalui tendangan keras kaki kiri Blaise Matuidi dari luar kotak penalti yang kembali dapat ditepis kiper Randolph.

Usaha keras Prancis akhirnya membuahkan hasil di menit ke-58. Umpan silang Bacary Sagna dengan sempurna disambut Antoine Griezmann lewat sundulannya. Upaya penyelamatan kiper Randolph dengan menepisnya tak kuasa menahan laju bola. Skor 1-1.

Prancis di atas angin. Sebaliknya, Irlandia tampak terpukul. Tiga menit berlalu, kelengahan barisan belakang Irlandia berakibat fatal. Umpan jauh yang dilontarkan Bacary Sagna tertuju pada Olivier Giroud. Lewat sundulannya Giroud memberikan bola pada Griezmann yang lolos dari kawalan bek Irlandia. Dengan dingin Griezmann melepaskan tembakan mendatar ke pojok kiri gawang tanpa dapat dijangkau kiper Randolph. Prancis berbalik unggul 2-1.

Ambisi Irlandia mengejar ketinggalan justru berbuah malapetaka di menit ke-66. Bek tengah Shane Duffy diganjar kartu merah langsung akibat menghentikan pergerakan Griezmann di tepi kotak penalti. Irlandia terpaksa harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain.

Dengan surplus pemain, Prancis kian nyaman mendikte jalannya pertandingan. Di menit ke-77, striker pengganti Andre Gignac nyaris menambah keunggulan tuan rumah ketika sepakan kerasnya membentur mistar gawang Randolph. Dalam lima terakhir, Gignac membuang dua peluang emas.

Di menit kedua injury time, Griezmann nyaris mencetak hattrick. Sayang, dalam posisi yang bebas, sepakannya kali ini dapat diblok kiper Randolph. Skor 2-1 untuk Prancis bertahan sampai peluit akhir dibunyikan.

Baca Juga

[Video] Timnas Wales Disambut Layaknya Seorang Pahlawan

Wales tersingkir di babak semifinal Piala Eropa 2016. Namun, capaian tersebut menjadikan para pemain layaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *