Tuesday , 19 November 2019 4:30
Home / Euro 2016 / UEFA Janjikan Keamanan Ketat Usai Insiden Di Marseille
Foto: Independent

UEFA Janjikan Keamanan Ketat Usai Insiden Di Marseille

Kejadian tidak terpuji terjadi pada laga perdana fase penyisihan Grup B Piala Eropa 2016 antara Inggris kontra Rusia di Stadion Velodrome, Sabtu 11 Juni. Ketika itu, suporter Rusia melakukan aksi anarkis pada laga tersebut.

Salah satu aksi yang dilakukan fan Rusia ialah menyerang suporter Inggris. Selain itu, mereka juga menerobos pagar dan tribun selatan stadion.

Pihak Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) prihatin melihat insiden tersebut. Tak ingin insiden itu terulang, mereka pun berjanji akan memperketat keamanan pada setiap pertandingan di Piala Eropa 2016.

“UEFA sangat geram melihat bentrokan yang terjadi di pusat kota Marseille dan kami menyoroti insiden di akhir pertandingan dalam Stadion Velodrome,” tulis pernyataan resmi UEFA.

“Perilaku semacam ini tidak bisa dibiarkan dan tidak seharusnya terjadi dalam dunia sepak bola. Proses hukuman akan kami jatuhkan untuk Asosiasi Sepak Bola Rusia (RFU) atas peristiwa tersebut dengan dasar gangguan kerumunan, menyalakan kembang api dan melempar flare,” lanjutnya.

“Keputusan mengenai sanksi akan diputuskan dalam beberapa hari ke depan. Setelah RFU memberikan laporan tertulis kepada kami. UEFA mengaku ada masalah pemisahan di Stadion Velodrome dan akan menerapkan langkah-langkah korektif untuk memperkuat keamanan di stadion dan bekerja sama dengan pemerinta,” tutupnya.

Dakwaan yang diberikan UEFA kepada RFU mendapat komentar dari Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko. Ia berharap agar UEFA dapat meringankan hukuman kepada RFU.

“Tidak ada bentrokan yang terlalu heboh. Bahkan semuanya baik-baik saja. Ketika pertandingan berakhir, tidak ada pelindung antara fan. Para suporter Inggris marah itu wajar,” kata Vitaly.

“Tetapi, itu semua bisa ditangani dengan cepat. Pertandingan tersebut harus diatur dengan benar. Hal ini diperlukan pembatas untuk fan. Hal terburuk dilakukan suporter adalah melemparkan petasan dan flare,” tutupnya.

Baca Juga

[Video] Timnas Wales Disambut Layaknya Seorang Pahlawan

Wales tersingkir di babak semifinal Piala Eropa 2016. Namun, capaian tersebut menjadikan para pemain layaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *