Saturday , 15 December 2018 9:58
Home / La Liga / Valverde: Sepakbola Harus Berterima Kasih Pada Cruyff
Johan Cruyff, Barcelona

Valverde: Sepakbola Harus Berterima Kasih Pada Cruyff

Spanyol – Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde merasa sepak bola harus berterima kasih kepada Johan Cruyff. Dia menilai sepak bola bisa berkembang sampai sebesar saat ini tidak lain karena pengaruh yang dibawa Cruyff beberapa tahun silam.

Seperti diketahui, perjalanan karir sang legenda sempat berjalan terjal. Cruyff datang dan melatih Barcelona. Musim pertamanya berjalan buruk, permainan Barca tak berbentuk, bahkan sejumlah pemain mulai mempertanyakan kelayakannya sebagai pelatih.

Namun, setelah melewati kesulitan itu, sisanya adalah kehebatan. Cruyff benar-benar mengubah pemahaman soal sepak bola. Jika ada tim yang mementingkan posisi di lapangan, kerapatan antar lini, koordinasi, pergerakan minim, bermain di sisi dalam, semua itu terjadi berkat Cruyff.

Menurutu Valverde, Cruyff tak hanya mengubah gaya bermain sepak bola. Lebih dari itu, dia mengubah pemahaman soal sepak bola itu sendiri. Kala itu inovasi Cruyff memang tampak aneh, namun saat ini begitu berguna.

“Saya ingat kedatangan Johan Cruyff ke Barcelona karena dia menggoncangkan banyak hal, ada banyak perubahan dan dia memiliki gagasan serta gaya baru.” tutur Valverde di sesi pers klub.

“Anda bisa menyadari elemen- elemen yang dia kenalkan, bermain di sisi dalam, pendekatan posisi, lini bermain, penguasaan bola, koordinasi dan sebagainya.” tegasnya.

“Dampak yang dia berikan tak hanya pada perubahan gaya bermain sepak bola dan dampak pentingnya bisa dilihat pada pelatih-pelatih saat ini. Menguasai bola berarti anda harus mengambil inisiatif, menyerang lawan dan mengambil kontrol,” pungkas pelatih Barcelona tersebut.

Baca Juga

Barcelona, La Liga, Liga Champions

Barcelona Dominasi Tim Terbaik Eropa 2018

Spanyol – Raksasa La Liga, Barcelona sukses mendominasi starting lineup tim terbaik sepanjang masa Eropa untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *