Monday , 21 October 2019 2:38
Home / La Liga / Wasit “Keberuntungan” Barcelona Pimpin Laga El Clasico
Foto: amigosdelarbitraje.com

Wasit “Keberuntungan” Barcelona Pimpin Laga El Clasico

Real Madrid mungkin tengah merasa cemas setelah mengetahui wasit yang akan memimpin laga El Clasico melawan Barcelona di Camp Nou pada 3 Desember mendatang.

Ya, wasit tersebut adalah Carlos Clos Gomez. Sang wasit selama ini memang dianggap sebagai ‘jimat keberuntungan’ bagi Barcelona. Sebagai informasi, buat Gomez ini adalah El Clasico di La Liga pertama dalam karirnya sebagai wasit di Spanyol. Sebelumnya ia sudah pernah memimpin pertandingan El Clasico namun bukan terjadi di partai non liga.

El Clasico pertama yang dipimpin Gomez terjadi pada leg pertama Piala Super Spanyol musim 2012/2013. Barcelona berhasil menang 3-2 saat itu. Kemudian kali kedua ia menjadi wasit Madrid vs Barca adalah di ajang Piala Raja pada musim yang sama dan skor berakhir imbang 1-1.

Lalu, kenapa Gomez bisa dianggap sebagai wasit keberuntungan buat El Barca? Sebabnya, dari 20 pertandingan yang dipimpin Gomez, Barcelona tidak pernah mengalami kekalahan. Mungkin itu hanya sebuah kebetulan karena fakta bahwa Barcelona adalah tim hebat juga tak bisa dibantah.

Jika dirinci, dari 20 pertandingan yang dipimpin Gomez, Barcelona meraih 17 kemenangan dan tiga hasil imbang. Sebagai tambahan, wasit asal Aragon itu juga pernah memberi Barcelona empat tendangan penalti dan tidak pernah mengeluarkan kartu merah untuk Blaugrana. Fakta ini mungkin yang pantas membuat Madrid cemas.

Tapi tunggu dulu, jika melihat catatan saat Gomez memimpin laga Madrid, ternyata hasilnya tak jauh beda.

Gomez sudah memimpin pertandingan Los Blancos sebanyak 27 kali dengan rincian 18 kali menang, lima imbang, dan empat kali kalah. Gomez juga memberi Madrid lima tendangan penalti dan tidak pernah memberi kartu merah.

Salah satu sebab kenapa nama Gomez sudah dikenal buruk bagi suporter Madrid adalah karena ia dinilai sudah melakukan 13 kesalahan fatal ketika menghadapi Sevilla pada pertandingan La Liga di Santiago Bernabeu musim 2010/2011.

Tudingan itu memang diungkap mantan pelatih Madrid, Jose Mourinho. Tapi jangan lupa juga bahwa Gomez juga pernah mengusir Josep Guardiola ketika Barcelona melawan Almeria musim 2009/2010. Jadi kehadiran Gomez sebagai wasit di laga El Clasico bulan depan sepatutnya tak dirisaukan oleh suporter maupun para pemain Madrid.

Baca Juga

Messi Siap Bawa Barcelona Raih Treble Winner!

Catalunya – Lionel Messi kembali menegaskan target utama¬†Barcelona di musim 2019-2020 ini. La Pulga siap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *