Sunday , 25 July 2021 20:21
Home / Internasional / EURO / Jose Mourinho Pertanyakan Algojo Penalty Inggris
foto: bola.net

Jose Mourinho Pertanyakan Algojo Penalty Inggris

ROMA – Pelatih AS Roma, Jose Mourinho mengaku tidak habis pikir dengan keputusan Gareth Southgate dalam memilih penendang penalty pada Final Euro 2020 kemarin. Ia menyatakan bahwa seharusnya pemain yang lebih berpengalaman seperti Raheem Sterling, John Stones dan Luke Shaw lah yang melakukan tugas algojo.

Seperti diketahui kekalahan Inggris atas Italia di Final di Wembley meninggalkan pertanyaan besar seputar keputusan Southgate.

Pertandingan itu sendiri berakhir 1-1 setelah melewati 120 menit. Di menit-menit akhir Southgate memutuskan untuk memasukkan Marcus Rashford dan Jadon Sancho. Ironisnya kedua pemain muda itu sama-sama gagal dalam mengeksekusi penalti, sementara Bukayo Saka dibiarkan mengambil penalti kelima yang dapat menentukan hasil akhir.

Donnarumma menyelamatkan sepakan Saka untuk membuat Italia keluar sebagai kampiun Euro 2020.

Sementara itu Jose Mourinho mempertanyakan keputusan Southgate untuk memberikan tanggung jawab besar kepada tiga pemain muda di Final sebesar Euro, terutama kepada Saka.

“Atas keputusan pengambil penalti, saya menaruh Saka sebagai penendang penentu adalah keputusan yang salah,” kata Mourinho kepada talkSPORT.

“Saya pikir terlalu berat bagi seorang anak untuk menanggung segalanya di pundaknya saat ini, tetapi saya tidak tahu, saya harus mengajukan pertanyaan itu kepada Gareth karena sering kali yang terjadi adalah pemain yang seharusnya ada justru malah tidak mengambil penalti, pemain yang seharusnya ada, mereka lari dari tanggung jawab.”

“Dan karena saya merasa Gareth adalah orang yang jujur ​​dan sangat protektif terhadap para pemainnya, saya tidak percaya Gareth akan pernah mengatakan jika ‘Pemain A’ atau ‘Pemain B’ melarikan diri atau bersembunyi atau mengatakan mereka tidak siap untuk mengambil alih.”

“Karena, jangan tanya saya siapa karena saya tidak akan memberi tahu anda, tetapi saya diberitahu 100 persen bahwa ada satu pemain yang seharusnya menjadi penendang dan dia tidak mau melakukannya, salah satu alasannya adalah karena kejadian di semifinal Piala Dunia. Dia seharusnya mengambil penalti dan dia menolak.”

“Jadi, terkadang situasi ini terjadi dan orang jujur ​​seperti Gareth tidak mengekspos pemain. Saya tidak tahu dalam hal ini, saya benar-benar tidak tahu, tetapi saya pikir tidak masalah apakah anda seorang pengambil penalti yang hebat atau tidak.”

“Dalam situasi ini, di mana Raheem Sterling? Dimana John Stones? Dimana Luke Shaw? Mengapa Jordan Henderson atau Kyle Walker tidak bertahan di lapangan?

“Karena pada kenyataannya sangat, sangat sulit bagi Marcus Rashford dan Jadon Sancho untuk datang dan mengambil penalti setelah satu sentuhan pada bola.”

“Dan bagi Saka untuk memikul beban sebuah negara di pundaknya … saya pikir itu terlalu berlebihan.”

Baca Juga

Gareth Southgate Bertanggung Jawab Penuh Atas Kekalahan Penalty Inggris

LONDON – Manajer timnas Inggris, Gareth Southgate bertanggung jawab penuh atas kekalahan adu penalti pasukannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *